Cara Mengobati Kulit Terbakar

Minggu, 05 Mei 20130 komentar



Selamat datang di "Berita Orange".
Blog dengan sejuta impian dan harapan yang suatu saat pasti akan terkabulkan atas izin-Nya.



        Anda sebaiknya tidak berkeliaran di luar rumah saat matahari sedang panas-panasnya, yaitu dari pukul 11 siang hingga 3 sore. Jika anda terpaksa harus keluar pada jam segitu karena berbagai alasan, pakailah pakaian yang bisa menutup tubuh anda dari sinar matahari. Jangan pilih pakaian berwarna gelap karena ini menyerap sinar sehingga membuat anda merasa gerah. Pakai baju atau kemeja lengan panjang dan celana panjang. Untuk bahan, pilihlah yang tidak panas dan menyerap keringat seperti katun. Selain itu wajah juga harus dilindungi, caranya adalah dengan memakai topi atau payung.

      Pakai tabir surya atau sunblock. Bagi anda yang tinggal di kota besar dimana polusi membuat udara semakin panas, memakai sunblock mungkin sudah menjadi rutinitas wajib. Sebaiknya periksa dulu tingkat SPF dari produk yang ingin anda pakai. Produk sunblock untuk orang Indonesia berbeda dengan sunblock untuk mereka yang tinggal di daerah subtropis. Aplikasikan produk ini setiap kali anda ingin berkegiatan di luar ruangan. Lapisi semua bagian yang terpapar oleh sinar matahari, mulai dari lengan bawah, kaki, pundak, dll.

Cara mengobati kulit terbakar

Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami luka bakar, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu:

      Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobati kulit terbakar adalah mengaplikasikan kompres dingin pada kulit yang terbakar. Kadang kulit bakar sering dibarengi dengan rasa sakit. Ini mungkin terjadi karena kulit anda tidak terbiasa dengan radiasi sinar matahari yang kuat. Ambil lap kering kemudian celupkan ke dalam air dingin atau air es. Letakkan lap basah tersebut pada kulit yang terbakar. Jangan meletakkan es secara langsung pada kulit terbakar sebab ini bisa memperparah keadaan.

       Salah satu perawatan terbaik untuk kulit terbakar adalah Noxzema. Ambil sedikit Noxzema, kemudian oleskan pada area yang terbakar. Tunggu hingga mengering. Biasanya dalam tempo 2 jam zat itu sudah mengering. Selanjutnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

      Jika anda ingin pengobatan yang lebih alami untuk merawat kulit terbakar, coba lidah buaya. Lidah buaya memang dikenal lama sebagai herbal yang efektif untuk mengobati kulit terbakar. Tidak peduli apa penyebab luka bakar pada kulit, ekstrak lidah buaya bisa membantu proses penyembuhan. Ambil satu pelepah lidah buaya, belah jadi 2, kemudian oleskan gel-nya ke atas kulit anda. Lidah buaya memiliki gel yang dingin, sehingga ini bisa sekaligus menggantikan fungsi kompres. Kandungan Lidocaine di dalam lidah buaya mampu mengurangi rasa sakit yang muncul pada kulit terbakar. Anda bisa memakai lidah buaya yang masih segar atau memakai produk perawat luka bakar yang terbuat dari ekstrak lidah buaya.

      Ada periode dimana lapisan kulit terluar akan mengelupas. Ini merupakan periode penyembuhan. Jika kulit mati sudah mulai mengelupas, bersihkan area tersebut secara perlahan. Anda bisa memakai lap basah untuk mengangkat kulit mati. Anda juga bisa memakai lotion untuk melembutkan kulit. Jangan memakai lotion dengan kandungan keras karena ini bisa menimbulkan iritasi. Yang juga penting dalam mengobati kulit terbakar adalah hindari sengatan cahaya matahari. Jika kulit kembali terkena sinar matahari, penyembuhan akan berlangsung lama.

Sumber : carakomplit.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Berita Orange - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com Powered by Blogger