Tips Sehat Saat Puasa

Sabtu, 08 Juni 20130 komentar

Selamat Datang Kembali di "Berita Orange ".
Blog dengan sejuta impian dan harapan yang suatu saat pasti akan terkabulkan atas izin-Nya.


Meski tak makan dan minum hampir 14 jam selama berpuasa, tak berarti Anda tak dapat menjaga kesehatan. Berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat selama Ramadan.

1. Konsultasi ke Dokter
Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menjalankan puasa Ramadan untuk mengetahui jenis makanan, multivitamin, serta aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan selama berpuasa.

2. Atur Jadwal
Walaupun secara umum Anda dinyatakan sehat,  berpuasa tetap akan membuat Anda lemas. Untuk itu, aturlah jadwal dan makanan untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi dan cairan sesuai dengan kebutuhan. Tak lupa atur ulang jam istirahat Anda. Ngantuk di saat puasa bukan disebabkan oleh berkurangnya asupan makanan, tapi karena waktu tidur yang berkurang.

3. Ingat Sahur
Jika belum terbiasa, bangun dan makan di pagi buta memang sulit. Namun jangan sampai karena alasan ini Anda meninggalkan sahur. Selain sunah, sahur merupakan saat di mana Anda dapat memasok energi untuk beraktivitas dari pagi hingga petang nanti. Walau begitu, jangan makan berlebihan. Fokuslah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, buah atau sayuran, dan minum banyak air.

4. Jangan Kepanasan
Selama berpuasa, usahakan berada di tempat yang teduh dan kurangi aktivitas fisik serta istirahat jika memungkinkan.

5. Makan Bertahap
Jika waktu berbuka telah tiba, berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma, susu, ataupun jus buah. Hindari langsung mengkonsumsi banyak makanan. Sebab, ini hanya akan membuat perut Anda terasa penuh karena selama berpuasa lambung Anda akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Setelah salat magrib, baru lanjutkan dengan makan secukupnya.

6. Utamakan Air Putih
Hindarilah untuk mengkonsumsi teh, kopi, ataupun soda di malam hari. Ketika mengunjungi teman atau keluarga, mintalah air putih saja. Sediakan juga air di kamar tidur. Ini akan menjaga Anda tetap mengkonsumsi 8 gelas air per hari agar tak kekurangan cairan.

Untuk cemilan, makanlah buah segar dan kacang. Selama berpuasa, dua jenis makanan ini lebih baik daripada cokelat ataupun permen.

7. Tetap Berolahraga
Selama puasa, Anda tetap bisa melakukan olahraga secara teratur. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan selama 15 hingga 20 menit di malam hari. Ini akan membantu Anda tetap bugar.

8. Hindari Gorengan dan Makanan Pedas
Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Makanan pedas juga akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.

Sumber : tempo.co
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Berita Orange - All Rights Reserved
Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com Powered by Blogger